Wah! Wanita Australia Susui Anak Sampai Umur 7 Tahun

16/11/2007 Rita Uli Hutapea – detikcom Sydney – Para ibu umumnya menyusui bayi mereka hingga berusia 2 tahun. Itu sih biasa. Tapi kalau disusui terus sampai umur 7 tahun? Wah, luar biasa!

Sebagian wanita Australia ternyata terus menyusui anak mereka hingga berusia 7 tahun. Anak-anak tersebut menyukai rasa Air Susu Ibu (ASI), kenyamanan dan kedekatan dengan sang ibu saat proses menyusui terjadi.

Demikian hasil riset terbaru dari Universitas Western Sydney seperti diberitakan harian Australia, Sydney Morning Herald, Jumat (16/11/2007).

Ini merupakan studi sejenis pertama di Australia. Dalam riset tersebut, akademisi Karlene Gribble mensurvei 107 wanita yang menyusui bayi mereka hingga berumur 2 tahun sampai 7 tahun. Beberapa dari mereka menyusui hingga belasan kali dalam sehari. Bahkan seorang ibu menyusui tiga anak sekaligus.

“Kebanyakan wanita tidak berencana untuk menyusui selama itu, namun mereka menyukainya. Apalagi ketika anak mereka yang sudah besar mengatakan betapa mereka menyukainya,” kata Gribble.

Anak-anak berusia di atas 2 tahun akan meminta langsung pada ibu mereka atau mencari payudara ibu mereka. “Anak saya sangat jelas meminta. Dia akan bilang: Ma, saya mau menyusu,” ujar seorang ibu dari anak berumur 3 tahun.

Seorang ibu yang masih menyusui putranya yang telah berusia 7 tahun mengungkapkan, anaknya itu akan disusui saat bangun pagi, jika dia sakit dan kadang kala saat akan tidur malam.

Namun sejumlah psikolog menganggap menyusui bayi di atas usia 3 tahun benar-benar tidak pantas. “Itu tidak normal, hubungan seperti itu harus dihentikan,” cetus Evelyn Field.

Hal senada disampaikan psikolog Michael Burge. “Yang dikhawatirkan adalah akan menciptakan ketergantungan emosional dan fisik yang terlalu besar. Saya sangat mengkhawatirkan tentang itu,” ujar Burge.
( ita / sss )

Sumber: detik.com

Pos ini dipublikasikan di Yang Unik dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Wah! Wanita Australia Susui Anak Sampai Umur 7 Tahun

  1. Bambang Sriwijonarko, S.Ip berkata:

    Emang kalo 7 tahun masih ada susunya Mas…???
    Wah repot juga si emak.. he…he…he

  2. Bambang Sriwijonarko, S.Ip berkata:

    Salam kenal mas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s