Industri Otomotif Dunia Alami Gelombang PHK

Jumat, 21 November 2008   Stockholm, GhaboNews – Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) telah dan akan terjadi di sejumlah negara yang terkena dampak krisis keuangan global. Setelah raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motor Corporation, giliran Volvo Grup yang akan memberhentikan ribuan karyawannnya.

Volvo terancam bangkrut bila tidak mendapat bantuan pemerintah. Data terbaru menunjukkan, bila tiga perusahaan otomotif runtuh, sekitar tiga juta orang akan kehilangan pekerjaan.

Industri otomotif memang salah satu sektor yang paling awal merasakan dampak krisis finansial. Volvo Grup, raksasa otomotif yang bermarkas di Stockholm, Swedia, baru-baru ini, mengumumkan memberhentikan 2.840 karyawan di pabrik truk, konstruksi peralatan dan Volvo Penta. Pemangkasan karyawan ini merupakan imbas penurunan 12 persen penjualan jenis truk pada Oktober 2008.

Di Barcelona, Spanyol, nasib serupa mengancam karyawan perusahaan otomotif Nissan. Rencananya, Nissan akan mem-PHK sekitar 1.680 karyawannya. Kebijakan ini langsung diproes para pekerja Nissan di Barcelona, Selasa malam waktu setempat.

Sementara itu, di Washington D.C., AS, pemutusan hubungan kerja juga telah dilakukan perusahaan otomotif AS, General Motor (GM) Corporation, telah memberhentikan 200 pekerjanya di Janesville, setelah mengalami penurunan penjualan.

GM bersama dua raksasa otomotif lainnya, Chrysler dan Ford, sedang mengajukan permohonan dana sebesar 25 miliar dolar kepada Kongres AS, untuk menyelamatkan perusahaan dari ancaman kebangkrutan. GM dan Chrysler menyatakan, akan kehabisan dana akhir tahun ini, bila tidak ada bantuan kredit dari pemerintah.

Pada saat hampir bersamaan, Toyota mengumumkan akan menutup seluruh pabriknya di Amerika Utara selama dua hari pada Desember mendatang. Selain industri otomotif, dampak krisis ekonomi juga menerpa sektor perbankan. Di New York, AS, Citi Grup telah mengumumkan akan memberhentikan 53 ribu karyawannya, hingga pertengahan tahun depan. 
 
Sumber:
http://www.ghabo.com

Pos ini dipublikasikan di Yang Heboh dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s