Yamaha Menang Lawan Honda, Jadi Nomor Satu di Bulan Desember 2008

null

Kamis, 08/01/2009 Yamaha geser Honda: AHM kurangi produksi, amankan distribusi

JAKARTA: Di tengah tren permintaan yang melemah, Yamaha merebut posisi teratas pasar motor nasional dari Honda berdasarkan penjualan bulanan pada Desember. Peristiwa ini merupakan yang pertama dalam 17 bulan terakhir.

Berdasarkan data penjualan wholesale (pengiriman dari pabrik ke diler) kedua perusahaan yang diperoleh Bisnis, pada Desember 2008, PT Yamaha Motor Kencana Motor Indonesia (YMKI) berhasil menjual motor 20.574 unit lebih besar dibandingkan dengan PT Astra Honda Motor (AHM).

Merek motor berlogo garpu tala ini pada bulan lalu terjual sebanyak 194.423 unit, sedangkan Honda yang berlambang sayap mengepak hanya terlego 173.849 unit.

Keberhasilan YMKI mengambil alih peringkat pertama dalam penjualan bulanan Desember ini merupakan yang ketiga setelah tahun lalu sempat dua kali melakukan hal yang sama.

“Pada saat krisis datang, Yamaha berhasil naik ke peringkat pertama,” kata Vice President PT YMKI, Dyonisius Beti, kemarin

Berdasarkan catatan Bisnis, pada Maret 2007, untuk pertama kali dalam sejarah industri motor nasional, Yamaha merebut tampuk kepemimpinan pasar motor bulanan dari Honda. Namun tiga bulan berikutnya Honda berhasil mengambilnya kembali.

Pangsa pasar

Pada Juli, Yamaha sempat kembali memimpin, tetapi pada bulan-bulan berikutnya, Honda selalu lebih unggul sehingga secara keseluruhan merek yang bernaung di bawah kelompok Astra ini masih merajai pasar motor kendati pangsa pasarnya tergerus.

Pada tahun lalu, karena memimpin sepanjang sebelas bulan pertama, secara keseluruhan, pangsa pasar motor Honda masih jauh lebih besar yaitu 46,2%, sedangkan Yamaha hanya 39,7%. Namun, sebelum 2007, Honda pernah menggenggam pangsa pasar lebih dari 50%.

Khusus Desember 2008, pangsa pasar Honda tercatat hanya 43,1% sedangkan Yamaha melambung 48,2%.

Direktur Pemasaran PT AHM Johannes Loman mengatakan pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan pengambilalihan peringkat pertama pasar motor secara bulanan oleh pesaing berat Honda pada Desember. Karena secara kumulatif, pada 2008 Honda masih memimpin pasar motor domestik dengan angka penjualan 2,8 juta unit.

Dia menjelaskan terjadinya penurunan produksi Honda pada Desember ini sudah direncanakan sebelumnya oleh perseroan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan stok di jaringan diler.

“Penurunan produksi Desember memang sudah kami rencanakan untuk menyehatkan stok di diler,” ujarnya.

Sigit Kumala, General Manager Pemasaran dan Divisi Pengembangan Produk PT AHM menambahkan pada bulan terakhir tahun lalu, model motor yang paling banyak dikurangi produksinya adalah Honda FitX dan Honda Revo. Keduanya merupakan model bebek yang selama ini menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda di Tanah Air.

“Penurunan permintaan belakangan ini membuat kami harus realistis mengurangi produksi daripada menumpuk stok di diler.”

Loman menuturkan penumpukan stok di diler akan cenderung membuat keuangan dan distribusi perusahaan terganggu. Salah satu akibat stok yang melimpah di diler adalah munculnya praktik perang diskon untuk menghabiskan sisa produk yang tersimpan di ruang pamer.

“Kami menghindari itu. Jika dibandingkan dengan merek lain, stok di diler kami paling minim. Itu saya kira akan lebih sehat.” (22) (ahmad.muhibbuddin@bisnis.co.id)

Oleh Ahmad Muhibbuddin
Bisnis Indonesia

Sumber: http://www.bisnis.com

Pos ini dipublikasikan di Yang Heboh dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Yamaha Menang Lawan Honda, Jadi Nomor Satu di Bulan Desember 2008

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s